RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
R P P )
Sekolah : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas / Semester : II / 2
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
A.
Standar Kompetensi
4. Melakukan dzikir
B.
Kompetensi Dasar
4.1. Melafalkan dzikir setelah shalat fardhu
C.
Tujuan Pembelajaran :
- § Bersama – sama membaca dzikir
D.
Materi Pembelajaran
- § Bacaan dzikir
E.
Metode Pembelajaran
- § Ceramah
- § Tanya jawab
- § Penguasaan
F.
Langkah – Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
- § Memulai dengan salam, menyapa siswa dan berdo’a.
- § Appersepsi, mengajukan pertanyaan tentang dzikir dan do’a.
- § Motivasi, membangkitkan minat dan menumbuhkan kesadaran.
- § Meminta siswa menyiapkan buku teks Fiqih.
2. Kegiatan Inti
- § Eksplorasi : Guru meminta masing – masing siswa membaca buku teks Fiqih tentang dzikir dan do’a.
- § Elaborasi : Siswa mencatat hasil temuan masing – masing dalam buku catatan tentang dzikir dan do’a.
- Guru menerangkan bacaan dzikir setelah sholat
- Guru membacakan dalil tentang dzikir
- Guru menerangkan pada siswa bahwa dengan berdzikir / mengingat Allah Allah akan mengingat kita.
- Guru menyuruh siswa untuk berdzikir setelah sholat.
- § Konfirmasi : Guru meminta beberapa siswa untuk mengemukakan hasil temuan tentang dzikir dan do’a.
3.
Kegitan Penutup
§
Melontarkan beberapa
pertanyaan kepada siswa tentang dzikir
§
Guru menyuruh siswa menulis
kesimpulan
G.
Alat/Sumber Belajar
- · Buku paket Fiqih,
- · LKS Al Farabi
H.
Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Contoh
Instrumen
|
·
Melafalkan bacaan dzikir
·
Menyebutkan bacaan dzikir
ba’da shalat
·
Mempratekkan bacaan
dzikir
|
Unjuk kerja
|
Uraian
|
Bagaimana bacaan dzikir?
|
Mengetahui …………...,
…………………
Kepala Madrasah Guru
bidang studi Fiqih
……………………….. ……………………………….
NIP. NIP.